Tempat Wisata di Kaltim

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

Provinsi Kalimantan Timur memiliki sedikitnya 56 objek wisata, antara lain wisata alam yang dibaur dengan budaya daerah, keraton, sejarah, dan bahari, yang tersebar di sejumlah kabupaten dan kota.

wisata kaltim

“Misalnya Kabupaten Kutai Barat antara lain Danau Jempang, Taman Anggrek Kersik Luway, Air Terjun Jentur Gemuruh, dan Lamin adat di Desa Tering,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim Firminus Kunum di Samarinda, Jumat (16/10).

“Sebanyak 56 objek wisata itu adalah jumlah minimal, karena masih banyak lagi objek wisata alam menarik yang terus dikembangkan oleh masing-masing kabupaten dan kota di Kaltim,” katanya.

Ia mengatakan di Samarinda juga terdapat tujuh objek wisata yang meliputi Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS), Kawasan Wisata Desa Budaya Pampang, Upacara Pelas Tahun, Air Terjun Tanah Merah, Masjid Raya Darussalam, Tepian Mahakam dan lokasi kerajinan Sarung Samarinda.

Selanjutnya di Kabupaten Kutai Timur terdapat empat lokasi objek wisata bahari dan wisata alam, yakni Pantai Pangandaraan, Goa pangandaran, Goa Gunung Kombeng, dan kawasan Wisata Desa Maiau Baru.

Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memiliki sedikitnya tiga objek wisata, yakni Pantai Tanjung Jumelai dan Pulau Kwangen. Keduanya terletak di Kecamatan Penajam. Selain itu ada lokasi penangkaran rusa yang terletak di Kecamatan Waru.

Kemudian di Kabupaten Berau terdapat lima objek wisata keraton dan wisata bahari, antara lain Kerajaan Gunung Tabur, bekas Keraton Samba Liung dan Makam Raja. Kemudian ada juga Pulau Derawan yang sudah terkenal keindahannya, Pulau Sangalaki dan sejumlah pulai kecil lain.

Kota Bontang sedikitnya memiliki tiga objek wisata, yakni Pulau Beras Beras Basah yang lokasinya berdekatan dengan pabrik LNG, kemudian objek wisata permukiman warga di atas air laut Bontang Kuala dan objek wisata Padang Golf Hotel Bintang Sintuk.

“Selanjutnya di Balikpapan ada 10 lokasi wisata, Kutai Kartanegara ada enam lokasi, Bulungan ada dua, Tarakan ada enam, Kabupaten Paser ada lima, dan di Kabupaten Nunukan ada tiga objek wisata. Jumlah ini belum termasuk wisata budaya,” kata Firminus Kunum


You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply