Taman Nasional Kutai

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

Taman Nasional Kutai atau biasa disingkat TNK adalah sebuah taman nasional yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil wilayah Kota Bontang yang memiliki lahan total seluas 198.629 ha. Kantor atau balai pengeloloa TNK berada di Kota Bontang. Namun seiring masuk tahun 2000-an, wilayah TNK ini mulai dirambah penduduk untuk dijadikan pemukiman dan lahan perkebunan sehingga wilayah TNK yang masih benar-benar asli mungkin jauh dibawah lahan yang seluas 198.629 ha pada akhir tahun 1990-an.

Taman Nasional Kutai (TNK) merupakan salah satu objek wisata andalan di Kalimantan Timur dan bisa menjadi pilihan tepat. Selain sebagai ajang wisata alam, TNK juga bisa digunakan sebagai kegiatan penelitian, perkemahan, serta pendidikan alam. TNK merupakan taman nasional ketiga di Tanah Air yang digunakan sebagai pusat rehabilitasi orangutan.

orang utan di tnk

Luasnya sekira 200 ribu hektare, berisi berbagai tipe vegetasi hutan pantai atau mangrove, hutan air tawar, hutan keranga, hutan genangan dataran rendah, hutan ulin/meranti/kapur, dan hutan campuran.

TNK juga memiliki tumbuhan, seperti bakau, tancang, cemara laut, simpur, meranti, enuang, kapur, ulin, bunga raflesia, dan berbagai jenis anggrek hutan. Serta aneka ragam satwa, seperti orangutan, owa Kalimantan, bekantan, ker ekor panjang, beruk, kukang.

Di sini, Anda juga bisa menikmati wisata bahari dan pengamatan flora dan fauna di Teluk Kaba, Muara Sangkimah, Teluk Lombok, Muara Sungai Sangata, Prevab Mentoko, serta wisata Goa Lobang Angin.

Untuk mencapai objek wisata ini, Anda dapat hanya perlu waktu sekira 2,5 jam sampai Samarinda, kemudian dilanjutkan ke Bontang sekira tiga jam. Bontang-Teluk Kaba dengan menggunakan speed boat sekira 30 menit. Selain itu, antara Bontang-Sanggata terdapat jalan raya membelah taman nasional.

sumber wikipedia


You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply