Pulau Derawan

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

Postingan kali ini saya akan bercerita tentang objek wisata di salah satu kabupaten di Kalimantan Timur yaitu Berau, postingan ini saya tulis setelah saya berlibur ke Daerah Berau selama 4 hari (20-23 des 09) minggu kemarin, sangat disayangkan sekali pengenalan objek wisata di Berau yang saya rasa kurang optimal.

Meskipun hanya kota kecil, Kabupaten Berau menyimpan berbagai potensi wisata yang indah, mulai wisata bahari, wisata alam, sejarah, kuliner, seni, serta budaya. Pusat Kabupaten Berau berada di Kecamatan Tanjung Redeb, yang letaknya di antara dua sungai yang membelah kota Tanjung Redeb, yakni sungai segah dan kelay.

Jika berpergian ke Berau, rasanya sayang kalau tidak menyempatkan diri mengunjungi berbagai objek wisatanya. Di Tanjung Redeb tidak sulit menemukan tempat untuk menginap. Kota ini juga memiliki banyak pilihan penginapan, mulai dari hotel kelas bintang, melati hingga kelas backpacker yang murah meriah.

Untuk mencapai Tanjung Redeb tidak terlalu sulit. Apalagi saat ini telah tersedia pesawat berbadan lebar jenis boieng 737-200. Pesawat itu siap melayani transportasi wisatawan yang ingin berkunjung ke Berau, baik langsung dari Balikpapan maupun melalui Tarakan. Mau mencoba lewat darat menyusuri jalan poros Balikpapan-Tanjung Redeb juga bisa jadi petualangan yang mengasyikkan.

Objek Wisata Bahari di Berau sangat banyak, diantaranya Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Maratua dan Pulau Kakaban yang terkenal memiliki keindahan alam bawah laut.
Saya kemarin hanya sempat singgah di Pulau Derawan saja, di Pulau Derawan saja saya sudah terpesona. Keindahan Pantai Derawan sangat bagus, dibanding dengan Pantai di Bali, pantai Derawan jauh lebih bersih dan pemandangan bawah lautnya sangat indah, saya melihat sendiri waktu Snorkling, ikan-ikan hiasnya sangat beraneka ragam, saya juga menjumpai penyu. Pasir pantai Derawan putih bersih, airnya juga jernih. Seorang teman yang pernah ke Bunaken Manado juga mengatakan keindahan Pantai Derawan masih diatas Bunaken di Manado.

Suasana Sunset dan Sunrise nya betul-betul indah, saya tidak melewatkan dua moment tersebut, sore hari sehabis snorkling dan berenang saya sudah menunggu moment matahari tenggelam dan pagi-pagi sekali jam 6 saya sudah keliling pantai untuk menunggu matahari terbit dari ufuk nya.

berikut beberapa foto2 di derawan yang saya abadikan :

Pulau  Derawan

Cottage/ Penginapan di Pulau Derawan (330 ribu/malam) bagi Backpaker juga tersedia kamar 50 ribu/ malam.

pulau  derawan

Mau berjemur kaya bule ada faslitasnya

pulau  derawan

Pantai nya bersih dan indah, nggak kotor

pulau  derawan

Sunset di Pulau Derawan

pulau  derawan

Untuk Objek Wisata di Pulau Sangalaki, Pulau Maratua dan Kakaban akan saya posting nanti

Foto Penyu : Fajar Tri Wahyudi


You can leave a response, or trackback from your own site.

31 Responses to “Pulau Derawan”

  1. Meri says:

    Wah saya juga pengen ke sana donk… Kalau mau reservasi hotel gimana bisa dapat yg murah? Gw sudah cari2 di internet cuma liat yg mahal…

    • admin says:

      di Pulau Derawan banyak kok penginapan2 sederhana
      mau yg mahal 200 ribu semalam – 500 ribu jgua ada
      yg sederhana mulai dari 50 ribu sampai 100 ribu per malam juga ada
      nggak sulit kok nyarinya

  2. ana says:

    bisakah tunjukan saya travel biro mana yg bisa sy kunjungi untuk menuju ke p derawan, sy dr banjarmasin…mksh.

  3. [...] yang ingin berkunjung ke Pulau Derawan dan pulau lainnya, sering dihadapkan pada angkutan laut. Hal ini yang membuat Dinas Pariwisata dan [...]

  4. keni says:

    nas, kalau mau ke pulau derawan/berau dari samarinda via darat bagus nggak jalannya ? rencananya teman saya dari Rusia mau jalan2 ke kaltim tp mau lewat darat.

  5. [...] Utara Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Berau terdapat kepulauan yang sangat indah yaitu Kepulauan Derawan. Kepulauan yang terdiri dari 28 pulau kecil ini menawarkan keindahan pantai dan alam bawah laut [...]

  6. [...] ini yang meminta kepada penulis untuk memberikan gambaran rincian biaya pergi Wisata ke Pulau Derawan Berau maka penulis mencoba untuk memberikan gambaran biaya wisata ke sana. Penulis bukan Travel Agency [...]

  7. fitri says:

    KALTIM tdk kalah menarik.a dngn objek” wisata di kota” lain.
    salah satunya wisata bahari d’ pulau derawan….
    d’sna tdk kalahnya dengan wisata yg da dibali…
    pokok.a pemandangn.a sngat nyaman d’tmbh pantainya yg sangat bersih tdk da sekali pun smph d’sktar pntai tersebut…
    tapi kaltim hrus bnyak lagi membuka wisata” yg menarik nd dpt menarik wisatawan internasional a/ domestik spya berkunjng ke daerh kaltim…
    karna wisata jga trmsk sbagian devisa dri negara qta…

  8. [...] Padahal Kaltim memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa, salah satunya wisata di pulau Derawan dan pulau-pulau di sekitarnya,”  kata Achmad [...]

  9. [...] Made Sudharma lelah dan jenuh dengan laut. Apalagi laut yang ditempatinya untuk bekerja adalah Pulau Derawan yang eksotik di Kabupaten Berau, [...]

  10. miswar says:

    heyyy, disana selain keindahan lautnya ada apa aja??? aku pingin liburan kesana, cuman ga pernah kesana???

  11. Dalam waktu dekat saya juga pingin berkunjung ke pulau derawan.sudah seharusnya orang kaltim bangga akan keindahan pulau Derawan.

  12. Dewie octavia says:

    nanti aq pngen ksana bersama suami q……….smoga terkabul…..amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnn

  13. deny says:

    wisata apa aja yg asik di drawan

  14. lia says:

    Berapa jam sie dari Balikpapan ke Berau dan berapa ya biaya transportnya?
    trims

  15. joko nugroho says:

    hahaha,derawan aku datang ,liburan sebentr lagiiii…. welcome to derawan island

  16. santi says:

    pulau derawan…hemmm indah bget…q pengen mngunjungi mu…tunggu aq….suatu saat pasti aq akan datang…,bersama Dia yg q sayang…

  17. wahyu says:

    dulu, beberapa tahun lalu pernah pergi ke berau lewat jalan darat dari samarinda, (tolong diperbaiki donk jalannya… ). Sayang belumsempet mampir ke pulau derawan. pingin sih.. nice info gan.

  18. mochtar says:

    Though as best place under water in East Kalimantan, should take care of the environment, cleanliness, consert to unique traditional house and culture. Need to compare with Bunaken and now Raja Ampat as the first place in Indonesia. Luckily we have gone to Derawan, Semama, Sangalaki, Kakaban, Maratua islands. Photo above in seashore of Derawan close to BMI, the place we used to snorkel in jetty. Destination place in East Kalimantan, there’s lack of information in website.

  19. nova says:

    pengen bgt ke derawan btw money nya brp ya kira”

  20. Saya says:

    Bisa untuk venue wedding beach gak, pantainya?KLo Ada harga paket dong..thx before

  21. mochtar says:

    Seem too bad due abrasion happened in Derawan island……………………

  22. Jadi pingin berwisata ke pulau derawan,kayaknya sangat seru ya berwisata kesana heee

  23. riyadi yahya says:

    gan kira-kira punya nomor kontak agen yang bisa sediakan semua kebutuhan di pulau derawan? kalau ada tolong email kita ya :)

  24. Dyah Lubis says:

    Kalau saya hanya punya 3hari liburan ke P.Derawan, bgm agenda terbaik yg bisa saya capai utk berwisata kesini? Saya dari Jkt, mohon advisenya. Terimakasih atas bantuan infonya. Salam

Leave a Reply