Planetarium Tenggarong

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

Planetarium, tempat dimana kita bisa menyaksikan susunan tata surya dan alam semesta ternyata tidak hanya ada di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, terdapat planetarium dengan peralatan yang tidak kalah canggih.

planetarium tenggarong

Planetarium merupakan teater bintang atau alam semesta. Disebut demikian karena planetarium memperlihatkan isi alam semesta dan susunan tata surya. Planetarium Tenggarong dibangun sejak tahun 2000 dan diresmikan tanggal 16 April 2003 oleh Wakil Presiden saat itu Hamzah Haz. Oleh Bupati Kutai Kartanegara Syaukani HR , planetarium ini kemudian diberi nama Planetarium Jagat Raya Tenggarong.

Planetarium Tenggarong dibangun menggunakan dana anggaran pembangunan daerah Kutai Kartenegara senilai 18 miliar. Didalam planetarium ini terdapat alat peraga berupa proyektor Skymaster ZKP 3 buatan Jerman dan dilengkapi lebih dari 100 lensa untuk memproyeksikan berbagai bentuk benda langit.

Proyektor ini berada di tengah-tengah ruang peraga berkapasitas 92 tempat duduk yang diatur melingkar. Pihak pengelola memasang harga tiket 5000 rupiah untuk anak-anak dan 7500 rupiah untuk dewasa.


You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Planetarium Tenggarong”

  1. jalan-jalan says:

    penasaran juga dengan planetarium tenggarong… kyk gmn ya tempat nya?

Leave a Reply