Obyek Wisata Semolon di Malinau

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

air terjun semolon

Pembangunan lokasi wisata alam Semolon segera akan digenjot bersama beberapa instansi terkait lainnya, seperti Dinas PU dan Kehutanan Perkebunan Malinau. Pihaknya akan segera melakukan program tahap pertama yakni melakukan studi kelayakan sebagai langkah utama pengembangan lokasi wisata semolon hot waterfall (wisata pemandian air panas yang ada di Desa Paking Kecamatan Mentarang itu.

Daerah Semolon Hot Waterfall yang merupakan sumber air panas terbesar dan terunik. Karena, selain aliran sungainya berbatu berbentuk tangga yang bertingkat-tingkat juga digunakan sebagai tempat berwisata dan rekreasi.
Selain itu juga diyakini dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya. “Secara tidak langsung mereka juga mempromosikan Malinau lewat stan yang mereka buka di JCC ini dan mempromosikan tantangan liar sungai Semolon dan sungai Tubu,” jelasnya. Usai membuka pameran Sapta Nirwadana dan para pejabat Departemen Kebudayaan dan Pariwisata lainnyamengunjungi stan-stan peserta dalam dan luar negeri termasuk stan Malinau.

Konsep perencanaan pengembangan kedepan  tetap mempertahankan kondisi alam dan tidak merubahnya dalam bentuk fisik kecuali penambahan nilai estetika yang menunjang kon-disi alami. Di wisata alam tersebut pada hulu sungai terdapat air terjun yang bisa di tempuh sekitar dua jam dari camp Simolon. Dilokasi tersebut akan dibangunn fasilitas pusat listrik tenaga hidrolik di air terjun.

Obyek Wisata air panas semolon terletak di kecamatan mentarang desa paking Kabupaten Malinau Kalimantan Timur, air panas semolon merupakan air yang mengalir yang begitu hangat dan bening yang dapat memberi tenaga dan menyembuh kan penyakit kulit dan penyakit gatal lainya, panorama obyek wisata ini begitu asli alam nya yang indah dan asri tanpa dijamah oleh siapa pun. keunikan air panas semolon ini karena di aliri air yang berbentuk tangga dan berbentuk kolam, banyak sekali wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara yang berwisata ke tempat ini, adapun cottage disediakan untuk  bermalam sambil menikmati udara segar dan tarian khas dayak akan menghibur anda sekalian.

Konsep penambahan fasilitas dinas pariwisata akan membangun sejumlah fasilitas penunjang antara lain, arena permainan anak. “Tebing yang tinggi akan di urug dan diratakan, ada out bound, arena bersepeda dan beberapa fasilitas lainnya akan ditambah,” terang mantan Kepala Inspektorat Wilayah Kabupaten Malinau ini.

Dikatakan, studi kelayakan tahun ini sudah berjalan dan lanjut-nya akan dilakukan dan ditargetka 2012 beberapa pembangunan infrastruktur sudah kelar dilakukan. Setelah lokasi wisata alam Semolon sudah ditata, maka dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan melakukan promosi besar-besaran melalui media. Baik dengan menyebar dan memperbanyak outlet-outlet dan publikasi media cetak dan elektronik maupun via internet akan difungsikan. Sebagai langkah awal Dinas pariwisata dan Kebudayaan akan membangun loket dan gerbang serta pos penjagaan. “Soal jalan akses sudah diprogram PU. Lokasi ini banyak daya tarik yakni air panas, ada arum jeram atau etnik runway yang oleh wisatawan mancanegara akan bisa di fungsikan,” ujarnya

Oleh karenanya, sambungnya, sungai yang ada ini tidak bisa diganggu. Pihaknya akan menjalin kerjasama dengan Dinas Kehuta-nan dan Dinas Perkebunan agar penanaman buahan buahan dan tananaman unik serta langka juga akan digalakkan. Dengan harapan agar pembangu-nan sektor pariwisata lancar.


You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Obyek Wisata Semolon di Malinau”

  1. [...] bisa tercapai, mengingat Kabupaten Malinau memiliki objek wisata yang menjanjikan. Di antaranya Air Panas Semolon yang terletak di Kecamatan Mentarang Desa Rajuk, Paking. Letak Air Panas Semolon tidak terlalu jauh [...]

Leave a Reply