Objek Wisata Pantai Icing dan Air Terjun Binusan di Nunukan

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

Dua objek wisata di Kabupaten Nunukan, Pantai Icing dan Air Terjun Binusan menjadi target  penilaian tim penilai Penghaargaan Panji Pariwisata 2012. Dua lokasi tersebut merupakan objek wisata yang saat ini menjadi andalan kabupaten yang berada di perbatasan utara Kaltim dengan Negara tetangga Malaysia itu.

Pantai Icing hanya beberapa  kilometer dari pusat kota Nunukan. Bagi masyarakat Nunukan dan sekitarnya, Pantai Icing menjadi satu-satunya objek wisata pantai yang paling diminati. Pantai Icing dikenal dengan pasir putihnya yang nampak masih sangat alami.

“Pantai Icing ini menjadi andalan pengembangan pariwisata Nunukan. Pemkab Nunukan mengandalkan objek wisata ini untuk menjadi yang terbaik dalam Penghargaan Panji Pariwisata yang akan diserahkan Gubernur Kaltim, 9 Januari 2012 mendatang,” k ata Kepala Seksi Objek Wisata Dinas Pariwisata Kaltim, sekaligus ketua rombongan tim penilai di dua objek wisata Nunukan itu, Kamis (17/11).

Sebagai daerah tujuan wisata yang diunggulkan, Pemkab Nunukan memberikan perhatian cukup baik untuk pengembangan fasilitas layanan di sekitar pantai itu. Meski tidak selengkap objek wisata di daerah lain seperti objek wisata pantai Derawan, fasilitas public seperti toilet dan jalan menuju pantai sudah tersedia cukup baik.

Masyarakat sekitar pantai itu juga dapat memanfaatkan kedatangan para pengunjung dengan berjualan berbagai keperluan makan dan minum. Di sekitar lokasi tersebut pengunjung juga bisa menyaksikan kapal-kapal perang TNI Angkatan Laut yang bersiaga menjaga setiap jengkal perairan Indonesia di kawasan perbatasan laut dengan Malaysia.

“Tempat ini biasanya ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan  Minggu atau hari-hari libur nasional. Pengunjungnya memang masih terbatas pada masyarakat Nunukan dan belum banyak wisatawan mancanegaa,” ungkap Zainul Arifin yang melakukan penilaian bersama anggota tim lainnya diantaranya Huddin dan Taufik Noor.

air terjun binusan

Selain Pantai Icing, tim juga melakukan penilaian di objek wisata Air Terjun Binusan yang berjarak sekitar  10 km dari pusat kota Nunukan. Pengembangan lokasi wisata ini merupakan sinergi antara Dinas kehutanan dan Dinas Pariwisata Nunukan.

Zainul Arifin menjelaskan, penilaian tim akan ditekankan pada empat hal, yakni pengelolaan objek wisata, sarana dan prasarana di objek wisata, kontribusi terhadap penerimaan asli daerah dan pengaruhnya terhadap peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Kunjungan tim penilai di kedua objek wisata itu telah dilakukan pada 8 Nopember hingga 12 Nopember 2011. (vb/sam)


You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply