Objek Wisata Kota Taman Bontang

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

pulau beras basah

Selain dikenal sebagai kota pengolah migas, Bontang sebenarnya juga memiliki potensi wisata yang bisa dibanggakan. Hal ini dibuktikan dengan keberagaman wisata yang dimiliki Kota Taman, seperti wisata alam dan wisata budaya. Untuk wisata alam terbagi atas wisata bahari dan wisata minat khusus.

Objek wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi antara lain Pantai Beras Basah, Pulau Segajah dan Kedindingan. Bukan hanya dapat menikmati keindahan pantai yang ada, para wisatawan juga bisa snorkling untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang ada di wilayah itu.

Sedangkan untuk wisata minat khusus, potensi alam yang ditawarkan kepada wisatawan adalah kawasan hutan mangrove. Kawasan ini merupakan suatu ekosistem yang terdapat di kawasan pesisir, daerah pasang surut dan terpapar udara sewaktu surut serta tergenang  air sewaktu pasang naik.

Para pengunjung bisa menikmati objek wisata ini di daerah Tanjung Limau, Bontang Kuala dan Berbas Pantai. Bagi wisatawan yang ingin sesuatu yang berbeda serta menaruh minat terhadap budaya, wisata budaya bisa menjadi pilihan. Bontang sendiri memiliki 2 pesta adat yang menjadi objek wisata budaya, yaitu Pesta Laut di Bontang Kuala dan Erau Pelas Benua di Guntung.

Pesta adat tersebut merupakan agenda rutin yang selalui diselenggarakan tiap tahunnya dan selalu dipenuhi pengunjung tidak hanya dari Bontang, tapi juga dari luar daerah. Keberagaman potensi wisata yang ada di suatu daerah tentunya harus didukung oleh fasilitas penunjang yang juga memadai. Fasilitas yang dimaksud adalah akomodasi dan transportasi.
Terkait fasilitas tersebut, pemkot Bontang pun telah menyediakan fasilitas penunjang demi kemudahan para wisatawan yang berkunjung ke Bontang. Untuk akomodasi, di Bontang sudah memiliki hotel dan penginapan serta restoran dan tempat makan yang memadai. Semua telah tersedia untuk mengakomodir para wisatawan.

Begitu pun soal transportasi, contohnya saja jika wisatawan yang ingin mengunjungi atau ingin snorkling ke Pantai Beras, mereka bisa menyewa kapal milik warga di Tanjung Laut. Selain itu, jika wisatawan ingin belanja cinderamata, mereka bisa langsung datang ke sentra cinderamata di daerah Ido Niaga atau UMKM Centre yang menyediakan produk-produk khas Bontang hasil Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Bontang.


You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Objek Wisata Kota Taman Bontang”

  1. Aiysah says:

    indah.aa ..
    pengen ksna glii..
    mskkii baruu” hbis dari sna…

    • Rani :) says:

      thank yoww . atas bantuannya :) ..

      coz butuh bgett ! buat tugas . Lengkap lg ad Pesta Laaut bontank nyak ! sekali lg mkasihh :D :D

Leave a Reply