Pangkon Panjang, Pasukan Pengaman Sultan

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

pangkon panjang

Pangkon Panjang adalah nama yang diberikan kepada sejumlah pasukan  Kesultanan Kutai Kartanegara yang tugasnya menjaga Sultan di Museum pada hari-hari berlangsungnya Erau. Mereka berjumlah 30 orang, direkrut karena nenek moyang mereka dahulu juga berprofesi sama. Jangan berharap menjadi Pangkon Panjang jika kakek atau bapak Anda dulu tak termasuk anggota ini.

Keponakan Sultan H Aji M Salehuddin II, H Aji Pangeran Hario Kesumo Poeger saat ditemui pada Upacara Belimbur,  menuturkan , awalnya anggota Pangkon Panjang ini adalah orang-orang pilihan yang berasal dari beberapa kelurahan yang ada di Kecamatan Tenggarong. Dari setiap kelurahan yang jumlahnya ada 7 pada waktu itu, oleh Sultan diambil 10 orang. “Mulai dari Kelurahan Panji, Melayu, Sukarame, Kelurahan Baru, Mangkurawang, Timbau hingga Loa Lepu,” ujarnya.

“Jadi anggota Pangkon Panjang ini adalah turun-temurun. Di luar itu tidak boleh menjadi Pangkon Panjang,” tegasnya. Karena kesultanan beranggapan dan percaya betul bahwa loyalitas, kesetiaan dan pengabdian leluhur mereka terdahulu sebagai Pankon Panjang  dijamin mampu dilestarikan dan diturunkan oleh anak-cucu keturunan mereka saat ini.
Ditambahkan Pangeran Poeger demikian dia biasa disapa Sultan tidak sembarang memilih anggota Pangkon Panjang ini.

Mereka harus memiliki kualifikasi yang lebih dari masyarakat lainnya. Yaitu yang memiliki kemampuan  jasmani maupun rohani yang prima,” ujarnya. Sehingga dedikasi mereka maupun  kompetensinya sebagai penjaga keamanan tidak perlu diragukan lagi. Mereka adalah serdadu pembela Sultan yang setia.

Kelebihan lain dari pasukan pengaman Sultan ini adalah mereka benar benar mengabdikan dirinya untuk Sultan dan kerabatnya tanpa pamrih sedikit pun, sehingga pada zaman dulu  mereka tidak digaji.
Berbeda dengan saat ini mereka mendapatkan honor, namun tidak seberapa, yaitu cukup untuk mehilangkan kelelahan bertugas. ”Bagi  yang  ingin menjadi  anggota pasukan ini  namun tidak memiliki sejarah keluarga sebagai Pangkon Panjang jangan harap dapat diterima,” bebernya.


You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply