Balikpapan Kota Terbersih se Asean

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

Balikpapan- kota beriman sukses meraih prestasi di tingkat the association of southeast asian nations (asean). Setelah dilakukan penilaian secara matang, Balikpapan akhirnya meraih sertifikat sebagai kota kategori sedang yang sukses memberi perhatian terhadap kondisi lahan atau lebih dikenal dengan istilah clean land.

Balikpapan berada di urutan kedua di bawah kota phitsanulok (thailand) disamping itu, Balikpapan juga sukses mengalahkan perwakilan kota yang berasal dari vietnam, malaysia dan kamboja. “ini tentunya sebuah prestasi dan apresiasi buat kita (balikpapan,red) yang berupaya memaksimalkan pengelolahan lahan,” ujar walikota Balikpapan H. Imdaad Hamid SE.

Tak hanya level nasional, kebersihan Balikpapan kini mendapatkan pengakuan internasional. Kota Minyak dinobatkan sebagai salah satu kota terbersih dalam Pertemuan ke-9 ASEAN Working Group on Environmentally Sustainable Cities (AWGESC) pada 2-3 Mei lalu di Yangon, Myanmar.

balikpapan

balikpapan

Penghargaan tersebut tentu menambah prestise kota yang selama ini sudah belasan kali memperoleh Adipura penghargaan tertinggi nasional di bidang kebersihan dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Event di Myanmar itu untuk meningkatkan capacity building kota-kota di negara anggota ASEAN dalam pengelolaan lingkungan. Dalam AWGESC yang dihelat dua hari itu, Balikpapan diumumkan berada di peringkat kedua untuk Environmentally Sustainable Cities dalam kategori Clean Land. Ada di bawah Kota Phitsanulok, Thailand. Kota Beriman mengungguli Vientiane di Vietnam yang duduk di posisi ketiga.

Dalam ajang itu, sertifikat kebersihan diberikan kepada kota-kota di Asia Tenggara dalam tiga kategori. Yakni, Clean Air, Clean Water, dan Clean Land.

Dari Balikpapan yang menghadiri ajang itu adalah Wakil Wali Kota Rizal Effendi, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Chaidar Chairulsyah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Soufian, dan Kepala Dinas Kebersihan Tatang Sudirja.


You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Balikpapan Kota Terbersih se Asean”

  1. iwan irawan says:

    wah saya bangga jadi orang balikpapan walau saya jauh di negara orang saya yakin balikpapan bisa menjadi kota metropolitan di asia bahkan dunia,doaku semoga balikpapan di jauhkan dari segala bencana,Amiinnn.IWAN IRAWAN di ORAN ALJAZAIR

  2. [...] Kencana, Petugas Kebersihan Balikpapan Dapat Insentif Balikpapan, Kota terbersih Kedua di Asean Balikpapan, kota terbersih se-Asean Begini Cara Balikpapan Melarang Para Perokok Balikpapan Raih Adipura Kencana 2013 Bangga [...]

Leave a Reply