Warga Banjar Antusias Saksikan Kesenian Kabupaten Tabalong

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

Pagelaran seni dan budaya yang ditampilkan Tim Kesenian Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan disambut antusias masyarakat Etnis Banjar di Kaltim, khususnya di Kota Samarinda pada Sabtu malam (17/3).

Kepala Dinas Kebudayaan Kaltim, H Achmad Adha mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada Tim Kesenian Tabalong dalam upaya pelestarian seni dan budaya yang dimiliki.

Pagelaran Seni Kabupaten Tabalong ini sebagai pengobat rindu masyarakat Banjar atau Tanjung di perantauan khususnya  Samarinda, karena kesenian ini akan mendekatkan diri pada akar budaya yang dimiliki,” ujarnya.

Tim kesenian Kabupaten Tabalong melawat ke Samarinda dengan pertimbangan historis yaitu sebagai provinsi yang bertetangga dan hubungan emosional   karena jumlah penduduk Kabupaten Tabalong yang mencapai ratusan ribu orang dan tersebar di seluruh Kaltim.

Menurut pengamatan Achmad Adha, terdapat persamaan dalam beberapa tarian seperti dalam Tari Jepen, namun juga terdapat perbedaan dalam penggunaan alat musik. Jika Jepen Kaltim lebih menonjolkan unsur alat musik petik gambus, sedangkan Jepen Kabupaten Tabalong lebih menonjolkan unsur bunyi-bunyian gong.

“Tim Kesenian ini menampilkan sesuatu yang masih asli, sementara kesenian Kaltim telah mendapat modifikasi baik dari busana, peralatan hingga gerakan tarian,” ujarnya.

Tim Kesenian Kabupaten Tabalong beranggotakan 60 orang datang ke Kaltim dalam rangka pagelaran seni dan budaya sebagai bentuk pelestarian budaya dan memasyarakatan kesenian kepada masyarakat di perantauan.

Tim kesenian ini menampilkan fashion show pakaian dari bahan Batik Khas Kalsel, Sasirangan, kesenian mamanda, bakisah (melawak), musikalisasi puisi dan membawa Duta Wisata Kabupaten Tabalong.

Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur yang diketuai oleh Sekretaris Provinsi  H Irianto Lambrie, ujar Achmad Adha berencana melakukan kunjungan balasan tim kesenian ke Kabupaten Tabalong yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Paser.

“Kita berencana mengadakan kunjungan balasan  dengan menampilkan sejumlah tarian dan budaya Kaltim yang memiliki hubungan seni, antara lain berupa tari pesisir dan pedalaman,” jelasnya.

`Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Kaltim, Muhammad Guntur mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan pagelaran kesenian ini dengan penyediaan fasilitas gedung pertunjukkan dan akomodasi bagi peserta tim kesenian yang ditempatkan di asrama seni Taman Budaya Kaltim.


You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply