Pembangunan Trans Studio di Kaltim

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

CEO Para Group, Chairul Tanjung, Setelah Makassar dan Bandung dikabarkan berencana membangun lagi Trans Studio Theme Park di luar Pulau Jawa. Pria berumur 49 tahun itu disebut-sebut melirikkan mata bisnisnya ke Kaltim. Sebuah rencana dari ekspansi bisnis barunya di bidang wahana hiburan keluarga.

Tak perlu lama-lama menentukan bahwa Kaltim adalah yang berikutnya. Tinggal kota mana yang ketiban investasi hingga Rp 2 triliun, itu yang belum diputuskan apakah Samarinda atau Balikpapan. Apakah ibu kota provinsi berpenduduk 770 ribu jiwa yang dikelilingi Kutai Kartanegara yang punya 600 ribu jiwa; atau pintu gerbang Bumi Etam di Balikpapan. Kota yang punya setengah juta lebih jiwa, yang sedang giat-giatnya mengejar mimpi menjadi kota meeting, incentive, convention dan exhibition (MICE).

trans studio di kaltim

Menurut perkataan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, ibu kota provinsi saat ini harus bersaing ketat dengan Balikpapan untuk membuat Chairul Tanjung dan grup-grupnya jatuh hati. Syaratnya, sediakan lahan 20 hektare.

“Chairul Tanjung sudah bertemu saya. Dia berjanji, Kaltim adalah yang berikutnya setelah Bandung. Samarinda sudah seharusnya melihat peluang ini, karena di Balikpapan saya juga sampaikan hal yang sama,” terang Gubernur dalam sebuah kesempatan, beberapa hari lalu. Kepada Gubernur, CEO perusahaan televisi dan sebuah bank terkemuka itu memastikan, dalam waktu yang tak lama rencana itu akan terealisasi.

Sebenarnya, desas-desus berdirinya Trans Studio di Kaltim sudah berembus sejak dua tahun lalu. Bahkan, baru-baru ini, melalui jejaring BlackBerry Messenger, broadcast berisi permintaan dukungan terhadap dua kota itu juga menyebar. Namun demikian, belum ada keterangan resmi kapan dan di mana pendirian wahana mirip Taman Impian Jaya Ancol itu.

Pun begitu, Pemkot Samarinda bukannya tidak “memasang jaring ketika ikan besar lewat.” Saat ini, pemkot sudah mengusulkan tiga lokasi. Semuanya di Samarinda Seberang. Seluas 9,3 hektare di Jalan HM Rifaddin, lalu 9,6 hektare di jalan poros Stadion Palaran, serta 9,6 hektare di Palaran-Bantuas.

Balikpapan tentu juga tak mau ketinggalan. Pemerintah di Kota Minyak bahkan menegaskan siap, asal rencana itu benar-benar serius. Sekretaris Kota (Sekkot) Balikpapan Sayid MN Fadly menyebutkan, menerima tawaran itu jika memang Balikpapan dipilih sebagai lokasi pembangunan. Bahkan, kata dia, pihaknya sudah punya ancer-ancer di mana lokasi ideal untuk membangun wahana hiburan keluarga itu.

“Kita (Balikpapan) punya lahan yang sangat strategis. Di kawasan Daksa di Batakan, di situ ada 9 hektare punya pemkot. Kontur tanahnya juga bagus, berbukit-bukit dan view-nya ke laut. Itu akan menjadi kawasan pengembangan wisata di timur yang sangat bagus, apalagi dipadukan dengan olahraga (Stadion Balikpapan juga sedang dibangun di Batakan),” katanya, kemarin. “Kalau serius, kita akan tangkap peluang ini. Apalagi, dari sisi lokasi Balikpapan relatif lebih mudah dijangkau,” lanjutnya.

Melihat Makassar dan Bandung, kata Gubernur, Kaltim jelas sangat diuntungkan jika wahana permainan itu berlokasi di Bumi Etam. Manusia yang datang ke Makassar meningkat drastis sejak Trans Studio berdiri. “Orang Sulawesi tidak perlu lagi jauh-jauh ke Ancol,” sebutnya.

Mengutip dari situs resminya, Trans Studio Theme Park adalah taman hiburan indoor terbesar di Indonesia. Luasnya 2,7 hektare dengan 21 wahana permainan di empat kawasan dengan tema berbeda. Para pengunjung dapat merasakan bagaimana menjadi seorang bintang di depan kamera serta menjadi orang-orang di belakang layar dari tayangan favorit Trans TV dan Trans 7 (stasiun televisi milik Chairul Tanjung).


You can leave a response, or trackback from your own site.

5 Responses to “Pembangunan Trans Studio di Kaltim”

  1. anonymous says:

    Unmul punya KRUS yg luas tanahnya 300 Ha. Dan untuk taman Hiburannya sendiri KRUS punya 65 HA. Kenapa g di KRUS aja? Cuma minjamin 20 Ha buat Trans Studio. Warga Samarinda jauh lebih banyak dari warga Bpp, selain itu Samarinda, ibukota KalTim.

  2. johan says:

    Balikpapan sangat cocok untuk perkembangan wisata seperti itu ( Trans Studio ) selain kotanya yang asri bersih indah aman dan nyaman.lagipula Balikpapan sudah sangat maju perkembangannya di bandingkan samarinda dan kota lainnya yang ada di kaltim…Balikpapan juga kawasan bebas banjir.Hotel&Pariwisata dan Pusat perbelanjaan (mall) sangat berkembang,peluang bisnispun sangat menjanjikan,wisatawan asing maupun lokal sangat berminat berkunjung ke Balikpapan di bandingkan di kota kota lain yang berada di kaltim.kota balikpapan selain mudah di jangkau warganya pun antusias apabila Trans Studio di bangun?Mohon di teliti lebih dalam kota yang cocok dan pas untuk Trans Studio Kaltim jangan sampe hasilnya hanya merugikan wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut.
    Terima kasih

  3. tasya says:

    Kalo boleh memilih samarinda atau balikpapan ya milih samarinda lah!! keunggulan samarinda adalah samarinda mempunyai penduduk lebih banyak dari balikpapan sekitar 770.000 jiwa dan perlu diingat samarinda dikelilingi kabupaten kota disekitarnya antara lain bontang, kukar, sangatta, badak, dan lain-lain dan bukan itu saja sebentar lagi bandara Samarinda Baru akan jadi orang samarinda dan kabupaten kota lainnya yang tadinya harus naik pesewat lewat sepinggan balikpapan tidak akan terjadi lagi kalo BSB telah berfungsi saya membayangkan kalo samarinda dan kabupaten kota sudah tidak lagi terbang lewat sepinggan balikpapan akan jadi apa ya…!! begitu juga mall orang bontang, badak tenggarong, muara badak, kota bangun, dan kecamatan-kecamatan kaya yang ada di kukuar setiap akhir pekan selalu memenuhi mall-mall yang ada di samarinda begitu juga tempat wisata yang ada di samarinda. Saya yakin seyakin-yakinnya Kalo Bapak Chairul Tanjung ingin membangun TRANS STUDIO Bapak tidak akan rugi karna banyak keunggulan2nya masalah banjir? jangan takun Sekarang pemerintah kota dan dibantu pemerintah provinsi kaltim sedang giat-giatnya memerangi banjir tersebut terima kasih

  4. Kejora says:

    Balikpapan doooonkkk… Gak banjir, gak banyak debu, secara Airport udah ada di Balikpapan… aksesnya jauh lebih mudah ketimbang (maaf) Samarinda. View pantai akan selalu menawarkan eksotisme yang memukau… ayoooo Pak Chairul Tanjung… pilih Balikpapan yaaa….

  5. Fahmisyahruddin says:

    balikpapan aja , balikpapan kan bersih bebas bajir dan juga lokasi nya sangat strategis mohon berpikirnya lebih teliti masalah keuntungan , macet , banjir ,lokasi dan lain lain harus di pikirkan ,, seperti balikpapan yg sangat strategis , sebaiknya trans studio di bangun di balikpapan

    terima kasih

Leave a Reply