Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII 2011

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

Pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII 2011 yang akan rencananya digelar 18 Juni mendatang, dipastikan bakal meriah. Karena panitia melalui Komunitas Seni dan Budaya Seraong Kaltim akan maksimal menghibur Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudoyono beserta undangan lainnya dengan sebuah sendratari kolosal melibatkan 500 penari dan puluhan pemusik di Stadion Utama Tenggarong Seberang.

Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak meninjau lokasi persiapan Penas tepatnya di Kompleks Olahraga Aji Imbut Kukar, Tenggarong Seberang. Rombongan gubernur akan meninjau beberapa lokasi persiapan seperti pemondokan peserta kontingen Penas yang berada di Jl. Danau Melintang Kelurahan Melayu Tenggarong, setelah meninjau akomodasi dilanjutkan meninjau Stadion Madya yang akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Penas berlangsung.

penas 2011

Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kukar mempersiapkan Kampung Ternak. Kepala Disnak Keswan Kukar H Suriansyah mengatakan, Kampung Ternak yang disiapkan untuk kontes dan ekspo ternak itu dibangun di atas 2 hektare yang berada di Demplot Penas Desa Perjiwa, Tenggarong Seberang. Ternak yang ditampilkan pada ekspo dan kontes itu di antaranya jenis unggas (burung, bebek, ayam) dan ruminansia (kambing, domba, sapi, kerbau, rusa, dan sebagainya).

Dijelaskannya, pada kampung ternak tersebut selain kandang hewan untuk kontes dan ekspo, juga dilengkapi dengan instalasi biogas, rumah kompos, instalasi pupuk cair, dan tanaman hijauan pakan ternak. Tak hanya itu, nantinya pengunjung kontes dan ekspo ternak bisa menikmati pemandangan Kampung Ternak melalui beberapa gazebo yang dibuat diposisi yang nyaman. “Kami juga menyiapkan stan makanan cepat saji dan Cafe Peternakan, bagi pengunjung yang ingin menikmati hasil olahan dari ternak,” paparnya. Semua bangunan maupun kelengkapan di kampung ternak tersebut, lanjut dia, merupakan suatu sistem yang saling tarkait. Contohnya, kandang sapi dan kerbau yang di sekitarnya ditanami hijauan pakan ternak, disiapkan berdekatan dengan instalasi biogas. Jadi kotoran sapi dan kerbau yang merupakan bahan baku biogas akan dialirkan langsung ke instalasi biogas.

Biogas tersebut akan dialirkan ke Cafe Peternakan sebagai bahan bakar untuk memasak berbagai macam makanan hasil olahan dari ternak. Letak cafe, stan makanan, dan gazebo, itu pastinya dalam jarak yang nyaman dan aman dari gangguan bau ternak.


You can leave a response, or trackback from your own site.

5 Responses to “Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII 2011”

  1. [...] Kalimantan Timur, Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan penyelenggaraan Pekan Nasional (Penas) XIII Petani Nelayan 2011 di Desa Perjiwa Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara pada [...]

  2. [...] rangkaian acara PENAS XIII 2011 di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimatan Timur, Penas Photo Contest yang diselenggarakan [...]

  3. H. Tamadoy Thamrin. says:

    Sebagai Undangan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan nomor : 08044/TU.220/F/06/2011. Mewakili Prop Jawa Timur untuk bidang Rumah Potong Hewan Modern di Surabaya Jawa Timur

  4. Zada says:

    saya sbg kontingen dr Kal-Sel, tepat’x dr HST barabai.. sangat senang sekali dpt ikut Penas ini.. byk hal yg d dapat, khusus’x dlm bidang informasi pertanian..
    tp sayang’x kontingen dr Kal-Sel pemondokan’x cukup jauh kurang lebih 30 km..
    jd saran tuk Penas ke depan’x, klo bisa mslh pemondokan kalo bisa jgn trlalu jauh..

  5. dzull effendy says:

    mohon maaf pak,saya mau ikut jadi anggota kontak tani andalan di kaltim pak,dimana saya harus daftar masuk anggot pak,soalnya saya berkebun karet di desa batuah loa janan kukar,mohon infonya pak,atau tlong sms di no.082171969259

Leave a Reply