Kampung Tenun Kaltim Samarinda Seberang

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

sarung samarinda

Pemprov Kaltim mendukung pencanangan Kampung Tenun di Samarinda Seberang sebagai pelopor berdirinya kampung tenun di Kaltim.   Penegasan tersebut disampaikan Asisten III Sekprov Kaltim H Sutarnyoto saat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) penetapan Kampung Tenun Samarinda Seberang yang dilakukan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Samarinda, di Lamin Etam,  Rabu (14/3).

“Memang sejak dulu Samarinda dikenal dengan produk unggulan dan hasil kerajinan tangan, terutama kerajinan Sarung Samarinda. Sayangnya, kerajinan tangan ini belum banyak dikenal orang luar. Karena itu, pencanganan kampung tenun ini sangat baik untuk promosi produk kerajinan Kaltim,”  kata Sutarnyoto.

Pencanangan Samarinda Seberang sebagai kampung tenun, sekaligus akan menjadi pelopor kampung tenun di Kaltim. Pasalnya kata Sutarnyoto, kerajinan tangan bukan hanya di Samarinda, tapi juga ada di kabupaten/kota lain di Kaltim. Samarinda bisa jadi model  kota pengrajin di Kaltim.

“Mudah-mudahan akan lebih dikenal dan menjadi salah satu obyek wisata andalan di daerah ini,” kata Sutarnyoto.

Dampak positif yang diharapkan dari pencanangan Kampung Tenun di Samarinda Seberang,  selain menjadi objek wisata, juga diharapkan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, terutama bagi masyarakat Samarinda, khususnya Kecamatan Samarinda Seberang.

“Saya berharap hal ini dapat dicontoh kabupaten dan kota lain di Kaltim, terutama yang sudah mempunyai produk unggulan khusus. Contohnya, kerajinan manik-manik. Sebab, pengembangan ini bisa saja mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah ini,” jelasnya.

sarung samarindaSementara itu, Ketua Dekranasda Kaltim, Hj Amelia Suharni Faroek yang diwakili Wakil Ketua Dekranasda Kaltim,  Hj Rita Ratina Irianto Lambrie mengatakan sangat bangga dengan pencanangan Kampung Tenun yang melibatkan banyak pihak, baik pariwisata, lingkungan hidup dan perindustrian dan perdagangan.

“Kami berharap Kampung Tenun dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltim, khususnya di Samarinda. Apalagi, kami berharap dengan dicanangkannya Kampung Tenun, lingkungan di daerah tersebut akan lebih bersih, sehat, ramah, rapi dan indah (Berseri) sesuai dengan program Dekranas menuju Dekranas Berseri,” jelasnya. (jay/adv).


You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply