I Made Sudharma, Dive Master Pulau Derawan

firel | firman gunajaya | blogvrman | arenainformasi | masukberita | db-bugcheat

Ada gelar DM didepan namanya. DM adalah kependekan dari Dive Master, sebuah gelar yang didapatkan seorang penyelam melalui berbagai pelatihan dan sertifikasi ini.Dua puluh tahun menjadi guide dive tidak menjadikan Made Sudharma lelah dan jenuh dengan laut. Apalagi laut yang ditempatinya untuk bekerja adalah Pulau Derawan yang eksotik di Kabupaten Berau, Kaltim.

Namun, keterbatasan informasi dan padatnya jadwal kerja, ditambah dengan terisolirnya tempatnya tinggal, membuat I Made Sudharma tidak mengetahui jika orang yang diajarinya untuk snoorkling di laut merupakan seorang wakil gubernur.

Itulah kejadian yang dialami oleh Dive Master (DM) Sudharma  usai mengajari Wakil Gubernur Kaltim, H Farid Wadjdy snoorkling di sekitar laut Pulau Derawan, Rabu (9/2).

“Saya baru tahu beliau (Farid Wadjdy) adalah Wakil Gubernur usai beliau meninggalkan tempat ganti pakaian. Saya pikir beliau hanya tamu biasa, maklumlah informasi di pulau Derawan ini sangat terbatas. Tetapi sebagai seorang Dive Guide, memang sudah menjadi tugas saya untuk melayani setiap tamu yang datang, ” ujarnya.

DM Sudharma yang telah 20 tahun menjadi diving guide di  Derawan Dive Resort ini mengaku telah mengajar dan membimbing banyak tamu dari mancanegara. Sementara itu, sudah tak terhitung banyaknya pejabat dan tamu penting yang datang dan melakukan penyelaman atau hanya sekedar snoorkling.

“Saya kagum dengan Pak Wagub, karena baru pertama kali snoorkling langsung mampu beradaptasi dengan peralatan dan situasi laut yang ada. Padahal, pengarahan dan pengetahuan tentang alat snoorkling hanya diberikan 15 menit saja. Saya yakin bapak (Farid Wadjdy) suka olahraga air, atau minimal mudanya mahir berenang,” ujarnya.

Pria yang lahir di Bali, 1 Januari 1953 ini mengakui untuk beberapa tahun terakhir, turis asing yang datang ke Derawan tidak sebanyak pada era 1990-2000. Dirinya tidak mengetahui mengapa terjadi penurunan kedatangan turis asing.

“Namun saya tetap bersyukur karena sekarang justru turis local yang banyak datang, khususnya setiap akhir pekan. Ini mungkin karena mudahnya trasportasi untuk menuju ke pulau ini,” ujarnya.

Pulau Derawan, ujarnya, merupakan pulau yang lebih dulu dikenal oleh turis asing disbanding orang Kaltim sendiri, apalagi Pulau Derawan merupakan titik penyelaman yang telah masuk dalam daftar Professional Association Diving Instructure (PADI). Sehingga wajar, ujarnya, banyak turis asing yang ingin melihat keindahan bawah laut Derawan


You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply